Minyak Aromaterapi Itu Apa Sih?

Nah ini yang mesti kita bahas awal-awal, barangkali ada yang belum ngerti hehehe

Aromaterapi itu merupakan satu cara pengobatan alternatif.

Dengan cara, menggunakan cairan (minyak) yang berasal dari tumbuhan. Ntah itu daunnya, bunganya, batangnya, akarnya, dan bagian tubuh lainnya. Cairan ini biasa disebut dengan istilah minyak esensial, atau minyak atsiri, atau essential oil.

Cairan itu mengandung senyawa yang sudah diekstrak.

Nah nanti cairan itu diuapkan. Nah uapnya itu kalau kita hirup, kemudian kita mendapatkan khasiat-khasiatnya, itu yang disebut aromaterapi.

Minyak tersebut diproduksi melalui proses destilasi, terus hasil perasannya itu murni, dan tinggi banget.

Makanya nanti penggunaannya cukup beberapa tetes saja. Ntah 3 tetes, atau 5 tetes, atau mungkin paling banyak itu 10-15 tetes. Jadi kalau ada satu botol essential oil yang isinya 10 ml gitu, itu bisa dipakai buat beberapa minggu itu. Malah kalau lebih hemat, bisa buat sebulan lebih.

Memang cara ini sudah terkenal sejak lama, dan alhamdulillah cukup tinggi orang yang efektif terasa dampaknya bagi peningkatan kesehatan. Sudah ribuan tahun malah katanya. Udah lama banget memang.

Bisa Anda cek coba aja dokumen-dokumen jadul gitu, udah banyak yang bahas kok.

Manfaatnya apa aja?

  • Manfaatnya, macem-macem. Ada yang buat membantu meredakan batuk, flu dan pilek.
  • Ada juga membantu megurangi bekas luka.
  • Ada juga yang buat nambah nafsu makan.
  • Ada yang buat rambut cepat tumbuh, kuat, nggak gampang rontok.
  • Ada yang buat bantu mengatasi susah tidur, insomnia gitu.
  • Ada yang buat ngusir nyamuk.
  • Ada yang buat ngelawan bakteri dan virus.
  • Dan lain-lain lain..

Nanti detailnya kita bahas di postingan berikutnya lah ya.

Tapi intinya memang khasiatnya itu kembali ke asal tumbuhannya itu. Kan tumbuhan itu ada banyak, termasuk bagian-bagiannya. Ada lemon, ada kayu putih, ada jeruk, ada mint, ada teh, ada lavender, dan lain-lain lah masih banyak lagi.

Baiklah, segitu dulu aja kali yak? Kayaknya untuk awal-awal untuk cukup menjelaskan lah yaa hehehe..

Refrensi: Wikipedia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s